Rabu, 09 November 2011

Benjolan di Payudara, Duh!

Ketika saya bilang saya sakit flu, mungkin orang hanya akan bilang “Ooo.. Lekas sembuh ya.”
Tetapi berbeda ketika saya menjelaskan keadaan berikut ini.
“Ngg... aku habis operasi,” kata saya kepada teman.
“Oya? Operasi apa?”
“Payudara,” jawab saya.

Seketika itu berbagai macam pertanyaan bermunculan. Kok bisa dioperasi? Benjolan apa? Tumor? Ganas nggak? Kenapa sih buru-buru dioperasi? Ada juga yang berkomentar, ih ngeri ya.

Pertanyaan-pertanyaan itu wajar, karena penyakit ini jarang dibahas.
Mungkin status berikut sering kita lihat di twitter atau fb:
“Flu nih.”
Namun jarang yang menulis status dengan gamblang seperti ini:
“Lagi punya benjol di payudara nih.”

Beberapa wanita menutup rapat, bahkan enggan membicarakannya ketika mendapati dirinya terkena tumor, meski tumor jinak di payudaranya. Padahal, benjolan di payudara banyak dialami wanita usia produktif.

Saya adalah salah satu wanita yang mengalami benjolan di payudara. Dua minggu lalu, sekitar 3 hari sebelum menstruasi, saya terkejut menyadari payudara sebelah kiri saya agak sakit saat menggendong keponakan saya. Ketika saya periksa, ternyata ada benjolan di payudara kiri. Benjolan tersebut tidak menonjol, melainkan hanya terasa kalau diraba.

Operasi
Keesokan harinya, hari Selasa, saya langsung menemui dokter bedah onkologi di rumah sakit. Sebelum bertemu dokter, saya menjalani USG. Hasilnya terlihat ada benjolan padat (echoless) ukuran kurang lebih 7 mm x 5 mm. Diagnosis USG mengarah ke fibroadenoma atau FAM. Dokter praktek yang saya temui berkata sebaiknya benjolan tersebut diangkat.

Untuk mengetahui lebih lanjut apakah benjolan itu ganas atau jinak, kakak saya merekomendasikan untuk melakukan biopsi. Hari Jum’at saya melakukan biopsi di lab patologi anatomi. Dengan jarum suntik, cairan atau jaringan di dalam benjolan diambil. Jaringan dioleskan ke dalam preparat kaca untuk dianalisis. Setelah itu, agak deg-degan juga membuka hasil pemeriksaannya. Alhamdulillah, jenis benjolan yang saya alami termasuk yang jinak.

Meski sudah diketahui jinak, tapi benjolan tetap disarankan diambil untuk dianalisis lebih lanjut. Oleh sebab itu, saya melakukan operasi setelah selesai menstruasi Oktober lalu. Ada beberapa orang yang menanyakan mengapa saya memilih dan mau dioperasi. Mereka ini biasanya menganggap operasi merupakan sesuatu yang mengerikan. “Lha wong disuntik aja takut, apalagi operasi,” mungkin begitu pendapat mereka.

Saya menjalani operasi karena berprinsip sumber penyakit harus dibereskan dulu. Saya ingin ada analisis menyeluruh, bukan hanya meraba-raba, dan berharap-harap cemas apakah benjolan ini bisa hilang sendiri. Segera saya putuskan untuk operasi meski harus meminjam dana untuk operasi.

Dalam kasus saya, operasi merupakan cara yang tepat untuk menganalisis apa yang saya alami secara tepat. Karena setelah operasi, ada tahapan pemeriksaan jaringan, yang penting untuk mengetahui kecenderungan jaringan tersebut.

Pengalaman Teman
Sebelum operasi saya sempat bertanya-tanya kepada teman yang pernah mengalami hal yang sama. “Kalau aku sih ken, pernah mencoba alternatif, habis lumayan banyak. Jadi aku operasi. Karena pada dasarnya, ada FAM yang bisa sembuh sendiri, ada juga yang mesti diangkat,” katanya. Waktu itu saya masih berpegang pada diagnosis awal dokter bahwa saya menderita FAM.

Sewaktu saya periksa di rumah sakit, saya juga ketemu Ibu-ibu yang bercerita tentang penyakitnya. Ia duduk disamping saya ketika saya menunggu hasil USG dari rumah sakit. Ia berkata bahwa ia punya benjolan di payudara sejak usia 12 tahun. Ia tidak pernah memeriksakan benjolan itu. Kemudian, setelah usia 42 tahun, ia menderita kanker payudara. Kemungkinan benjolan yang ia derita dahulu itu menjadi kanker yang ia derita sekarang. Ibu yang bekerja di Jakarta itu akhirnya ke dokter setelah berbagai obat alternatif nan mahal harganya tidak membawa hasil.

Meski begitu, saya memutuskan operasi atau bukan tidak terkait dengan percaya atau tidak percaya terhadap pengobatan alternatif atau semacamnya. Saya memutuskan pergi ke dokter dan melakukan operasi terutama agar dapat segera menerima keadaan (secara psikis) dan memahami benar-benar apa yang tengah terjadi.

Dengan menjalani berbagai pemeriksaan, pikiran saya jadi tenang dan tidak dibayangi rasa cemas. Dengan mengetahui apa yang terjadi, saya merasa bisa berpikir jernih dan memutuskan apa yang baik bagi diri saya.

Macam-macam Tumor
Dokter Herjuna Herdiyanto SpB (Onk) menjelaskan pada saya, ada dua macam tumor payudara, yang jinak, dan ganas. Yang jinak terdiri dari dua, yaitu Fibroadenoma atau FAM, dan Fibrocystic disesase atau FCD.

FAM terdiri dari dua macam, FAM murni, dan Phylloids. FAM murni tidak ada kecenderungan menjadi ganas, namun tipe phylloids mempunyai kemungkinan menjadi ganas, sehingga diperlukan observasi rutin.

Untuk FCD, dibedakan menjadi 3 stadium, I, II, dan III. Stadium I cenderung jinak, sedangkan stadium II dan III bisa mempunyai kecenderungan ke ganas. Stadium II bisa 15—20 tahun menjadi ganas, sedangkan stadium III lebih singkat, bisa dibawah 5 tahun. Oleh sebab itu pada stadium II, diperlukan observasi setiap 3—6 bulan. Sedangkan stadium III diobservasi 2 minggu sekali sampai 1 bulan. Di situlah perlunya saya mengangkat benjolan di payudara saya, yaitu untuk menentukan saya ada di stadium mana.

Melalui operasi-lah, saya menjadi tahu diagnosis yang lebih tepat. Setelah benjolan saya diangkat, baru ketahuan ternyata saya mengalami fibrocystic disease (FCD) atau kista payudara, bukannya FAM seperti diagnosis awal. Meski begitu, saya tetap merasa lega karena baik FAM dan FCD sama-sama tumor jinak. Bedanya, FAM padat, sedangkan FCD berisi cairan.

Sabtu lalu saya menjalani operasi. Saya dibius lokal atau hanya di sekitar payudara. Operasi berlangsung singkat, sekitar 1 jam lamanya. Karena saya masih sadar, saya bercengkerama dan bergurau sepanjang operasi dengan dokter dan para perawat. Di ruang operasi juga terdapat TV yang bisa saya dengar siarannya. Saya bahkan bisa terus berpesan pada dokter dan perawat agar jahitannya rapi.
“Iya Mbak, ini rapi jali wis, jahitannya,” kata seorang perawat.
Saya pengen tertawa, tapi hanya bisa meringis karena waktu itu payudara saya tengah dijahit.***

64 komentar:

  1. aku termasuk orang yg beranggapan operasi itu mengerikan. Jadi, aku salut akan keberanianmu, ken. Semoga lekas pulih ya jadi bisa kembali menekuni aktivitasmu seperti biasa. Btw, dari pengalaman selama berurusan dengan rumah sakit terinspirasi kah untuk membuat cerita popon??? ku tunggu y ^_^

    BalasHapus
  2. salut sama Niken yang berani. makasih share ceritanya ya, jadi tahu dikit2 tentang itu.
    semoga lekas pulih ya Ken :)

    BalasHapus
  3. Apapun keputusanmu semoga itu yang terbaik dan semoga lekas sembuh. Btw, tulisanmu informatif dan makin bagus, semoga bisa menginspirasi banyak orang dengan kasus serupa agar lebih aware.

    BalasHapus
  4. Ceritanya hampir sama dengan kakakku, tahun ini dia juga di operasi tumor payudara sekarang sudah dalam tahap penyembuhan. banyak makan ikan gabus buat masa penyembuhan itu sangat bermanfaat #saran

    BalasHapus
  5. lekas sembuh ya mba... aku mau info ttg biaya pengobatan tersebut smpe operasi dan semuanya doong,,klo boleh...thnks.

    BalasHapus
  6. lekas sembuh yaa...salut atas keberaniannya.. mba,,aku udh menjalani pengobatan alternatif slma kurang lebih 4 thn..memang diawal ada perubahan,,tp sekarang sakit dan benjolannya kerasa lg..sya bekerja di tim medis, namun sya sangat takut berurusan dgn operasi dan pengobatan di RS.. apalagi klo mikir seputar biaya...?? mohon share nya..tq.

    BalasHapus
  7. mba niken klo boleh minta info dokter n biayanya, karna saya mau periksa juga ad benjolan kecil di payudara kanan.bisa email ke saya strwpie@gmail.com
    terima kasih.

    BalasHapus
  8. Gatria: Terimakasih sarannya :)
    Anonim: Oke, akan saya kirim infonya :)
    Wulan kusuma: Kalau tentang biaya, saya juga ngutang kok Mbak. Alhamdulillah saudara ada, dan syukur juga mau memberi keringanan, bahkan mengikhlaskan. Kalau biaya bisa dicari mbak, tapi kalau sudah parah, kemungkinan penanganannya lebih sulit. Jadi mungkin ada baiknya diambil tindakan mulai dari sekarang, seumpama alternatif sudah dicoba dan cukup lama tidak memberikan hasil. Tenang mbak, kalau operasinya tidak begitu menyakitkan kok. Seusai operasi juga senut2nya sekitar seminggu kok mbak. Setelah operasi saya langsung tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

    BalasHapus
  9. ok mba niken..mksh bgt ats infonya yaa...

    BalasHapus
  10. sudah seminggu ini ada benjolan juga mba, persis seperti mba payudara sebelah kiri. sudah hampir satu minggu saya diamkan... setelah baca pengalaman mba saya akan memberanikan diri saya untuk memeriksakan diri... saya salut sama mba yg brani melakukan operasi dan membagi cerita ini...

    BalasHapus
  11. Ok, sip Mba :) Semoga lekas sembuh ya.

    BalasHapus
  12. mba niken bisa minta tolong diinfokan periksa di dokter mana? kira2 biaya berapa<< saya juga mau periksa,, email aku rensylaura@yahoo.com, thxxx

    BalasHapus
  13. Mbak, saya juga lagi punya masalah mengenai ini. Tapi saya sekarang masih SMA dan takut untuk bilang. Pertama, saya takut kalo penyakit itu benar-benar ada. Kedua, saya juga takut kalo ternyata nggak ada apa-apa, padahal saya sudah terlanjur cerita.

    Mungkin saya butuh share sama orang yang lebih dulu berpengalaman juga, biar bisa meyakinkan sebelum benar-benar cerita.
    tolong dijawab secepatnya ya mbak..
    makasih..

    Yang saya tanyakan mbak, waktu pertama ada benjolan itu, apa ada rasa sakitnya?

    BalasHapus
  14. Anonim: Ok, sudah saya email ya. Semoga membantu :)

    Anonim 2: Yang dulu saya alami, benjolan tersebut terasa sakit ketika tertekan. Dan hal itu terasa sewaktu menstruasi.

    Saya rasa tidak ada alasan untuk takut ke dokter. Setidaknya ceritakan pada orang terdekat, seperti orang tua ataupun kakak. Kalaupun sudah terlanjur cerita dan setelah periksa ternyata tidak ada apa-apa ya malah harusnya bersyukur lho. Dengan memeriksakan diri, adik bisa mendapatkan ketenangan, tidak terus menerus cemas. Jadi secepatnya kalau bisa periksakan diri ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mb berapa biaya operasinya? N dmna dkternya? tlong infonya krim ke email d_retna @ymail.com. mkasih..

      Hapus
  15. mba saya juga ada masalah sperti ini.. pengen tau periksa dimana dan berapa biayanya soalnya saya juga takut dan sudah agak lama mengalaminya.. thx
    kirim ke email yaaa anonymcho@yahoo.co.id di tunggu makasih :D

    BalasHapus
  16. Mbak Niken, terima kasih sudah sharing di blog. Saya juga punya kondisi yang kurang lebih sama, dari dulu mau periksa tapi masih takut2. Kalau boleh share info dokter and biayanya, ke email saya di t.rismadhani@gmail.com. Thanks before :)

    BalasHapus
  17. Saya sudah email ke anonymcho@yahoo.co.id dan t.rismadhani@gmail.com ya. Silakan di cek :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear mbag niken
      mbg saya juga bisa dikasih info rumah sakit and biaya untuk operasinya
      alamat email saya gledis.rnds@yahoo.co.id


      TQ gladis

      Hapus
  18. Mbak kalau tidak terasa nyeri, tetapi kalau dipegang mmng ada benjolan di payudara sebelah kiri apakah itu sama kasusnya dengan yg mbak alami? Kalau bs kirimkan jg ke saya mbak dokter yang biasa mbak konsultasikan mengenai mslh ini berikut dgn biayanya ke max_math@yahoo.co.id

    BalasHapus
  19. Mbak niken, sekedar bertanya.
    Apa setelah operasi pengangkatan, di payudara ada bekas jahitan?
    Soalnya saya (20thn) baru 1 minggu yg lalu mendapati benjolan di payudara kiri saya. Saya agak ragu2 untunk bercerita pada orang tua saya,mengingat mereka cukup kolot. Mhn blasannya,thanks

    BalasHapus
  20. Mertua saya didiagnosis kanker Payudara Std II, kami berniat menjalani operasi, namun masih perlu mencari informasi dan dokter yang sesuai dengan keadaan kami. Kalo boleh tahu mbak tolong diinfokan berapa biaya dan dokternya ke : firman2602@yahoo.com. Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  21. terimakasih buat infonya mba niken, sy jujur sedang waswas krn baru saja mendapati ada benjolan. tapi kl mba sakit, saya tidak sakit, apa berbeda2 ya yg dirasakan? apakah bisa sembuh total jika di operasi? Mohon share info biaya dan tujuan rumah sakitnya ya mba, ke dhyana_sinaga@yahoo.com
    terimakasih sekali.

    BalasHapus
  22. saya juga mengalami hal yg sama, ada teman saya yg juga pnya penyakit sama, dia menyarankan ke lembaga kanker dulu lalu periksa ke lab, tapi saya agak ragu setelah melihat info mbk yg lgs ke rs...bisa minta bantu penjelasannya?
    juga bisa minta share info rs dan biaya rs serta operasinya ke claire_chiyoko@yahoo.com

    trimakasih :)

    BalasHapus
  23. saya juga mengalami hal yg sama, ada teman saya yg juga pnya penyakit sama, dia menyarankan ke lembaga kanker dulu lalu periksa ke lab, tapi saya agak ragu setelah melihat info mbk yg lgs ke rs...bisa minta bantu penjelasannya?
    juga bisa minta share info rs dan biaya rs serta operasinya ke claire_chiyoko@yahoo.com

    trimakasih :)

    BalasHapus
  24. mbak niken, saya wanita usia 23, saya juga mengalami hal yang hampir serupa dengan mbak,, saya kalau menjelang haid payudara nyeri di daerah atas sebelah kiri dan terasa seperti ada benjolan (saya tidak tahu apakah itu kelenjar susu atau benjolan berbahaya),,
    bisa sharing biaya rs dan dokter nya mbak ke elisabeththeodore@yahoo.com,, jujur saja ini agak membuat saya khawatir,, hehe
    makasih mbak..

    BalasHapus
  25. mbak niken bagus banget infonya, teman saya memiliki benjolan di payudara kiri dan sebelum menstruasi terasa sakit. bila boleh minta rincian biayanya dan nama rumah serta dokternya sakitnya, kirim ke Deaz_rosea@yahoo.com. thanks.

    BalasHapus
  26. ralat,
    mbak niken bagus banget infonya, teman saya memiliki benjolan di payudara kiri dan sebelum menstruasi terasa sakit. bila boleh minta rincian biayanya dan nama rumah sakit serta dokternya , kirim ke Deaz_rosea@yahoo.com. thanks.

    BalasHapus
  27. MBA Niken, moon info utk dr yg menangani + biaya ops nya..tq mba, Mahon dikirm ke email farina.afr@gmail.com thanks

    BalasHapus
  28. Semua: Silakan menghubungi Dokter Herjuna Herdiyanto SpB (Onk). Kliniknya ada di Poliklinik Tulip, Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sadjito. Nomor telepon RSUP Sardjito 0274-587333, minta hubungkan ke Poliklinik Tulip. Langsung ke kliniknya saja supaya lebih jelas ;) Jangan takut untuk berobat. Dokternya ramah dan baik kok.

    BalasHapus
  29. @mbak Niken : sama dong dengan saya, saya juga baru operasi pengangkatan fam 3 bln yg lalu... cm skrg terasa agak nyeri di bekas operasi terutama kalo tertekan..

    BalasHapus
  30. Mbk mhon bantuanny' saya bth info ttg biayany.
    Saya pny trauma dg RS mbk,sjak mama sya meninggal.
    Sya pny keluhan diketiak saya ad benjolan.
    Mhon bantuanny mbk'email ke chrisninu3delapan3x@yahoo.co.id.
    Mohon bntuanny mbk' smoga diberkati tuhan

    BalasHapus
  31. 6 thn lalu sy jg telah mlakukan pengangkatan tumor p.dara jinak(fam).alhmdulillah smpai skrg sy tdk ad kluhan apapun.saat d operasi umur sy msh 19thn.

    Saran sy,bnjolan skecil apapun d p.dara ssgera mngkn prksakan k dokter.tuk mmastikan apkah bnjolan trsbt brsfat ganas atw jinak.

    BalasHapus
  32. Mbak bisa bantu di email berapa besar biaya dari pemeriksaaan sampai pada operasi-nya ke eni.julianingsih@gmail.com. makasih mbak

    BalasHapus
  33. mba kalau boleh tahu berapa lama proses pemulihannya dan berapa keseluruhan biayanya ,, trmksh

    BalasHapus
  34. selamat malam.. saya juga mengalami ada benjolan di bawah ketiak saya, beberapa hari setelah mens. saya pingin periksa tapi takut. ngomong2, saya juga mau tanya mengenai besar biayanya, mulai dari pemeriksaan sampai ke operasi. bisa minta tolong di kirimkan ke nar.tithy@yahoo.com
    terimakasih banyak :)

    BalasHapus
  35. kira2 brp biaya operasi FAm.....

    BalasHapus
  36. Mba niken tolong email untuk biayanya operasi FAm brp....email saya zenithrays@yahoo.com
    Thanks

    BalasHapus
  37. mbak saya juga mau tahu berapa biaya pemeriksaan sampai dengan operasinya, krim ke email saya lulukhurria@yahoo.com
    thanks

    BalasHapus
  38. mbak. .biaya untuk operasi itu sekitar berapa ya? dan untuk semuanya, habis berapa? tlg kirim ke email saya ya :) jurit_yuliani@yahoo.com

    BalasHapus
  39. Sama mbk niken sya juga habis operasi 3 minggu yg lalu

    BalasHapus
  40. mbak mohon infonya untuk biaya oprasi fam berapaya tlng dikirim ke email sya ya :) devi@octagon.web.id
    1 minggu yang lalu say periksa ke dokter bedah dan dok ter bilang benjolan yang ad ini Fam dan langsung disarankan untuk di angkat.tpi saya masih takut mbak.

    BalasHapus
  41. mbak kalo bsa sya tahu, brapa lama proses pemulihan mbak?, soalnya sya bru mnjalani operasi FAM, dan sbulan setelahnya saya merasakan payudara sya seperti di bius

    BalasHapus
  42. Biayanya berapa ya mba'??? Sdh seminggu ini sy jg sedang gelisah..krn trdapat benjolan pd pyudara sblah kanan..pada saat ditekan bisa bergeser..email sy adisolong@yahoo.com
    Rara

    BalasHapus
  43. mb kra2 biayanya habis brapa mb
    mohon infonya ya mb
    bisa kirim k email saya nungetunida@gmail.com

    BalasHapus
  44. mbak biaya operasinya berapa?... mohon di email di
    astri.noer@yahoo.co.id

    BalasHapus
  45. Mbak niken saya mendapatkan benjolan di payudara sebelah kiri saya shok banget mbak setelah mengetahuinya. Saya sudah tanya ke dokter katanya cuma kelainan pada hormon tp sudah 2 tahun ini benjolan itu tidak hilang2. Tapi sayatidak merasakan sakit sedikitpun mbak. Mohon di balas mbak

    BalasHapus
  46. terimaksih buat infrmasinya..
    mbak biaya operasinya habis berapa??? mohon di email ke yuli_xia@yahoo.co.id

    terimakasih


    BalasHapus
  47. mba minta info biaya nya, makasih deeahidayat@yahoo.co.id

    BalasHapus
  48. mbk neken, spupu saya jg knak tumor di payu dara uda membesar seperti telur bebek, klau bole tau hbs brapa ej mbk,,,? makasi sblmnya, vella_gondang80@ yahoo.com

    BalasHapus
  49. Mba Niken, Please email perkiraan biaya operasinya dan biaya USG habis brp duit, mbak Niken lokasi di kota Jkt?
    ke his_senorita@yahoo.com


    Trims

    BalasHapus
  50. mba tolong kasih tau berapa biaya operasinya ya. kirim ke gviara7@gmail.com
    makasih mba

    BalasHapus
  51. mbak ,,,boleh minta tolong,,,kasih tau saya berapa biaya priksa dan biaya operasinya? saya jg mau periksa karna saya jg ada benjolan di PD kiri ,,,,makasih mbak,,, email saya puji126@gmail.com

    BalasHapus
  52. Mba tolong beritahu ttg biaya + rumah sakitnya ya.. Terimakasih.. Ke kyuffeewonffle@gmail.com

    BalasHapus
  53. mbak niken, bisa kasih info biaya dan di rumah sakit mana. saya tinggal di jakarta barat. istri saya umur 36 thn tanggal 30nov kemarin baru mammography, didiagnosa kista payudara. tolong email ke enug2000@gmail.com ya. thanks ....

    BalasHapus
  54. Saya juga menjalani operasi di payudara kiri 3 minggu yang lalu. Saran saya sama seperti mba niken, sekecil apapun benjolannys tetap harus diperiksa ke dokter. Hanya itu satu-satunya cara kita untuk mengetahui jenis benjolannya, apakah jinak atau ganas. Daripada cemas terus menerus, lebih baik dipastiin aja. Seandainya jinak kan bisa membuat kita lebih lega, kalo pun ganas, setidaknya kita ud mengetahuinya sebelum menjadi lebih parah.
    Saya bisa referensikan juga dokter Didid di rs Dharma Nugraha, Rawamangun. Dokternya udah senior dan biayanya lebih terjangkau.

    BalasHapus
  55. @suriana dan @niken untuk biaya diperlukan berapa ya karena kasus istri saya jg sama ni??? Mohon tolong infonya yaa ke email adiputra806@gmail.com terimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  56. Mbk niken sya jg mengalami hal yg sma sprti mbk niken. Tp kalau ditekan tidak skit. Tolong krim rincian biayanya mbk krim di email saya. Plis mbk. Chitlaly5@gmail.com

    BalasHapus
  57. Salam kenal mbak Niken. Terima kasih atas postingnya, sangat membnt sekali. Jika tdk keberatan, mhn kami di info ttg biaya pemeriksaan spt usg dan mammography..dan proses pemeriksaanya. Krn kami cb telf ke nmr sardjito, tdk ada yg mengangkat. Email kami pamindari@gmail.com. Terima kasih

    BalasHapus
  58. Mbk.Niken total semua biaya brp, tlg infokan mbk..
    email sya.jasinda.shop@gmail.com saya tunggu mbk hr senin sya langsung ke Rs.Sardjito utk segera periksa. tq mbk...

    BalasHapus
  59. ass,,
    bleh mnt prkiraan biaya utk operasiny mb?
    kmrn sya sdh usg,dan dsarankn utk diangkat aj..
    nah..sya bru mw nyari info ttng biaya operasi ny..
    email sya wulanphiw12@gmail.com
    mksh

    BalasHapus
  60. makasih mba infonya, saya sebelomnya agak nyesel oprasi, tapi abis liat tulisan mba. saya jadi semangat lagi :')

    BalasHapus
  61. Kalo boleh info.nya mba istri saya juga sama di payudara sebelah kana terdapat benjolan...info hrga oprasinya berapa ya..gmail saya mba adipuyra806@gmail.com tnks

    BalasHapus
  62. Mba niken skrg gmn kabarnya? Dan perkembangan nya..apakah tidak ada keluhan lg smpai skrg? Trims

    BalasHapus