Senin, 05 Juli 2010

D-Day

Cerita perang dunia kedua tak lepas dari kisah invasi sekutu di Normandia. Itu lantaran invasi D-day adalah titik balik Sekutu untuk merebut kembali eropa dari Jerman.

Sudah banyak sekali buku dan film yang mengupas invasi tersebut. Ceritanya sama, hanya beda sudut pandangnya. Oleh karena itu saya suka menikmati cerita itu. Kalau ada komik atau buku yang baru tentang itu, yaa... saya baca lagi. Nggak bosan juga.

Sebenarnya intinya sama siih. Pertama ngebahas tentang perang dunia I yang berakhir. Trus penyerangan negara-negara seperti Jerman dan Jepang. Jerman menduduki Polandia pada 1939. Kemudian Prancis dan Inggris melawan, dan AS nimbrung.

Setelah ditimbang-timbang, akhirnya sekutu memilih tempat invasi di Teluk Seine, Normandia. Ga jadi di Prancis utara karena Pasukan Amerika ndak cukup. Pas de Calais (selat Inggris) juga nggak jadi walau punya pelabuhan yang memadai karena dijaga ketat Jerman. Walau nggak punya pelabuhan besar, pasukan Inggris bisa mengembangkan pelabuhan buatan untuk memindahkan pasukan dan mesin tempur.

Karena fasilitas meteorologi Jerman ancur, untuk sementara ia tidak punya informasi cuaca lengkap. Akibatnya ia menganggap sepele bulan Juni. Ia yakin nggak akan diserang karena biasanya bercuaca buruk. Sebaliknya, sekutu punya info kalau ada beberapa hari yang cerah untuk serangan.

Jadilah tanggal invasi 6 Juni 1944 ditetapkan oleh Jenderal Eisenhower. Invasi sekutu didahului dengan penerjunan pasukan. Mereka dikirim ke Pranjis pada 5 Juni malem buat mempertahankan jembatan-jembatan penting. Ini supaya ketika pasukan invasi laut masuk, langsung bisa menuju pedalaman.

Nah, untuk melancarkan serangan, pantai normandia dibagi-bagi menjadi beberapa wilayah serangan. Utah dan Omaha diserang pasukan AS, sedangkan Gold, Juno, dan Sword ditangani oleh pasukan Inggris dan Kanada. Di antara pantai-pantai itu Omaha-lah yang paling parah. Sebagian besar tank kandas di laut. Belum rentetan tembakan dari jerman. Namun, akhirnya toh mereka bisa menerobos daratan.

Doug, Murray, Elson Richard, Williams Anthony. 2008. The Tide D-Day Invasion Turns (Titik Balik Invasi D-Day). Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Hmmm... ternyata masih banyak yang belum saya baca: Romawi, Ksatria Templar, Samurai/Ninja, Marinir AS, SS NAZI Jerman, Grukha, Perang Romawi/Yunani, dll.

Komik lain yang kubaca minggu ini Akira karya Katsuhiro Otomo. Sayangnya saya baca langsung yang no 3. Hikz.


Otomo, Katsuhiro. 1991. Akira. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar