Kamis, 24 Juni 2010

Judy Blume: Are You There God? It’s Me, Margaret



Ternyata saya butuh beberapa bulan untuk membaca buku ini. Saya pernah membaca buku ini di bandara dan lupa belum menamatkannya. Suatu hari, karena beres-beres kamar, saya jadi ingat kalau belum tahu kelanjutan ceritanya.

Ini novel teenlit. Bisa dibayangkan, isinya pasti menyangkut tetek bengek kehidupan remaja. Misalnya, bagaimana cara membesarkan payudara hingga ukuran tiga puluh dua dobel A. Kalau anda penasaran dengan buku ini, maaf, saya memang tidak sabar mengungkapkan ending-nya. Mending kalau penasaran tidak usah membaca paragraf berikut ini.

Saya pernah membaca karya Judy Blume yang lain, cuma kok ga ada yang... sesingkat ini. Apa terlalu tipis halamannya jadinya saya kurang puas?

Inti cerita ini menceritakan Margaret yang harus berpindah dari kota-nya yang lama di New York ke New Jersey. Dia langsung mendapat teman baru, Nancy. Kemudian cerita beranjak ke kebingungan Margaret terhadap agama. Ayahnya beragama Ibrani, ibunya Kristen. Orangtua keduanya alias kakek neneknya tidak akur. Bahkan ibunya ‘nyuekin’ pernikahan kedua orangtua margaret.

Suatu hari orangtua ibu Margaret memutuskan bersilaturahmi di rumah Margaret di New Jersey. Terjadilah keributan, bahwa menurut kakek nenek dari ibu Margaret, Margaret harus beragama Kristen. Namun, bagaimanapun juga orangtua Margaret kekeuh bahwa Margaret bebas memeluk agama pilihannya ketika dewasa.

Tak ada penyelesaian dari permasalahan tersebut. Ga wajib juga sih. Kisah ini berakhir dengan gagalnya proyek pribadi Margaret di sekolah. Dan tak lupa, ending puncaknya bahwa Margaret mengalami menstruasi pertama.
Lho? Kok endingnya gitu? Anda bingung?
Saya juga!

Kamis, 24 Juni 2010; 0:08

Blume, Judy. Are You There God? It’s Me, Margaret. 2003. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Jumlah halaman 163.

Sumber foto: http://rhapsodyinbooks.wordpress.com/2009/12/18/review-of-are-you-there-god-it%E2%80%99s-me-margaret-by-judy-blume/

1 komentar:

  1. saya juga bingung..
    tappi,
    aku suka margareth wktu nulis diarynya..
    pertamatama, dy nulis :
    "are you there GOD... it's me, margareth.."
    itu, aku tiru!!


    :))

    BalasHapus